Bunga Sakura



Bunga sakura adalaha bunga nasional jepang. Tidak mengherankan, bunga ini ditemukan di seluruh penjuru kota dijepang. Bunga sakura biasanya mekar di musim semi.

Bunga ini bahkan dapat dilihat dalam benda sehari-hari, seperti dalam pakaian tradisional (kimono), alat tulis, peralatan dapur, dll. Untuk ini Sakura Jepang memiliki simbol yang sangat penting.

Sebagai simbol kematian, kehidupan, wanita, keberanian, kesedihan, ikatan diantara manusia dan kegembiraan serta berarti mengingat bahwa hidup tidak akan abadi.

Berdasarkan namanya bunga sakura berasal dari kata saku yang berarti mekar dan ra yang jamak. Namun dalam bahasa Inggris bunga ini disebut Bunga sakura.

Tanaman sakura merupakan tanaman yang masih sekeluarga rosaceae dan dari genus prunus yang serupa dengan pohon plum, aprikot dan persik. Namun secara umum, bunga sakura terbagi dalam beberapa sub.

Dari segi warna, bunga ini sangat berpengaruh dalam jenisnya. Beberapa warna bunga sakura berwarna kuning pucat, merah muda, merah terang dan hijau muda. Berdasarkan susunan kelopak Sakura dibagi menjadi beberapa kategori berikut:

  1. Bunga tunggal yang hanya memiliki satu daun
  2.  Bunga ganda mekar dengan beberapa lapisan mahkota
  3. Bunga semi ganda

Bunga sakura hanya mekar sekali dalam satu tahun.

Sebagai contoh, di pulau Honshu, bunga sakura someiyoshino akan kuncup di akhir musim dingin dan tidak akan berbunga sampai akhir Maret hingga awal April, ketika suhu mulai menghangat.

Pada bulan Februari, mekarnya bunga sakura someiyoshino dimulai dari Okinawa dan berlanjut ke barat ke Honshu, Tokyo, Osaka, dan Kyoto dari akhir Maret hingga awal April.

Jenis-Jenis Bunga Sakura

Sebenarnya jenis bunga sakura terdapat banyak jenis yang dilakukan persilangan sehingga memunculkan jenis sakura baru. Seperti sakura jenis ceri someiyoshino yang merupakan hasil persilangan.

Dan jenis ceri someiyoshino merupakan bunga sakura yang paling banyak terdapat di jepang. Nah berikut adalah jenis bunga sakura.

Bunga sakura Hikanzakura

Atau yang biasa disebut kanhizakura merupakan bunga sakura yang menyebar hingga ke cina. Jenis ini lebih sering tumbuh liar dan paling banyak diwilayah okinawa. Disana jenis sakura ini banyak tumbuh dengan liar.

Jenis bunga ini mekar berbeda-beda disetiap wilayah. Untuk daerah okinawa sendiri bunga ini mekar pada bulan januari hingga februari. Sedang diwilayah lainnya biasanya mekar pada bulan februari sampai maret.

Bunga sakura Fuyuzakura

Jenis bunga sakura ini digolongkan sebagai bunga musim dingin karena bunga ini mekar pada saat musim dingin yaitu pada bulan november hingga desember. Daerah mishimachi merupakan tempat paling cocok untuk melihat keindahan bunga sakura fuyuzakura.

Bunga sakura Shidarezakura

Bunga sakura shidarezakura merupakan bunga resmi daerah kyoto. Bunga nya yang berwarna pink memang cocok karena jenis ini mekar pada saat musim semi.

Bunga sakura Edohigan

Jenis sakura ini mempunyai umur yang panjang. Ada beberapa jenis lain yang mirip dengan jenis ini dan digolongkan sebagai bunga sakura yang dilindungi adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura. Miharutakizakura adalah jenis sakura edohigan dengan ciri cabang yang menjuntai. Dan yaebenishidare memiliki ciri banyak warna dan cerah.

Bunga sakura Yamazakura

Jenis sakura ini digolongkan pada jenis bunga sakura liar. Juga disebut ceri bukit, banyak ditemukan di pegunungan di Jepang. Jenis ini biasanya mempunyai kelopak bunga yang indah. Biasanya berbunga dari bulan maret sampai april.

Bunga sakura Somei Yoshino

unga sakura jenis ini yang paling banyak ditanam. Somei yoshino banyak dijumpai dijepang. Diwilayah shikoku dan kyushu bunga ini mekar pada bulan maret. Dan ditokyo bunga ini mekar pada bulan april.

Ada 5 kelopak dan merah muda dengan sedikit agak pucat, jenis somei yoshino digolongkan pada bunga tunggal. Jika dilihat sepintas, akan ada warna putih pada bunga ini.

Bunga Sakura Kawazusakura

Biasa disebut cheery weeping atau jika diterjemahkan pada bahasa indonesia memiliki arti ceri menangis . Kenapa itu artinya? Karena jenis bunga sakura ini tumbuh tertekuk. Spesies ini mekar di depan jenis somei yoshino.

Sumber :https://bungabunga.co.id/bunga-sakura/

Komentar